Baca yuk
Loading...

yuk jalan kaki

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarokatuh

Image result for jalan kaki

Seiring dengan berkembangnya  industri otomotif, dalam beberapa hal telah ikut mempengaruhi model  dan gaya manusia menjalankan aktivitasnya. Sebagai contoh dalam hal berjalan kaki . sekarang ini orang telah termanjakan oleh teknologi transportasi. Contoh dalam hal yang kecil seperti sekedar pergi ke masjid yang jaraknya dekat atau belanja ke toko terdekat orang sudah tidak mau berjalan kaki terutama anak muda, melainkan dengan kendaraan, kecuali karena keadaan yang memaksa untuk menggunakan kendaraan. Bahkan mayoritas kendaraan membutuhkan bahan bakar yang harga nya tidak murah terutama kendaraan bermesin serta penggunaan bahan bakar khususnya bahan bakar fosil membuat bumi semakin panas. apalagi untuk generasi muda yang notabennya mempunyai semangat lebih dan tenaga lebih masa hanya karena panas sedikit, sudah meurunkan semangat mudanya sehingga malas untuk berjalan kaki.

Sebagai seorang muslim, kita lihat panutan kita nabi Agung Muhammad SAW, beliau adalah sosok yang suka berjalan kaki untuk mencapai jarak-jarak dekat yang memungkinkan untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Bahkan beliau pernah berjalan kaki ketika mengunjungi  makam pahlawan di Baqi yang jaraknya sekitar 3KM dari pusat kota Madinah. Rasulallah hanya menggunakan kendaraan ketika beliau hendak berpergian jauh, ketika hendak berperang atau hendak berdagang antar negara, kendaraan yang beliau gunakan adalah onta.

Apabila kita berkaca dari sikap rasulallah SAW seharusnya kita malu, karena begitu semangatnya rasulallah untuk berjalan kaki sedangkan kita masih berbangga diri dengan berkendara dengan kendaraan yang mewah-mewah hanya untuk pergi ke pasar yang berjarak dekat.
Menurut para ilmuwan/peneliti dari negara-negara maju yang tentunya sudah tidak diragukan lagi keahlianya bahwa berjalan kaki dapat mencegah beberapa penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Beberapa manfaat berjalan kaki untuk kesehatan diantara lain :

1. MENCEGAH SERANGAN JANTUNG
Bejalan kaki dapat menurunkan resiko penyakit jantung, sebab semua otot memerlukan asupan aliran darah yang lancar, tidak terkecuali otot jantung. Otot jantung memerlukan asupan darah lebih agar bugar dan berfungsi normal dan memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan berjalan kaki dapat memperlancar aliran darah ke dalam koroner jantung

2. MENCEGAH SERANGAN STROKE
Sebagaimana dengan serangan jantung serangan stroke juga berkaitan erat dengan salah satu komponen organ dalam yaitu pembuluh darah. Penyakit ini timbul karena adanya permasalahan dengan pembuluh darah di otak, yakni tertanggunya peredaran darah pada pembuluh darah karena terjadi penyumbatan. Diketahui bahwa pembuluh darah membutuhkan kelancaran alirannya,untuk mencapai kelancaran itu ialah dengan berolahraga, sedangkan berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang dapat melancarkan peredaran darah.

3. MENCEGAH KENCING MANIS (DIABETES)
Sebuah penelitian yang dilakukan di national Institute Of Diabetes and Gigesive &Kidney Disease menghasilkan hal yang mengejutkan bahwa hanya dengan membiasakan berjalan kaki dengan kecepatan 6 km per jam dengan waktu tempuh sekitar 50 menit dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes tipe 2, khususnya mereka yang bertubuh gemuk

4. MENCEGAH OSTEOPOROSIS
Berjalan kaki merupakan aktifitas gerakan yang mampu menurunkan resiko penyakit osteoporosis. Sebab, berjalan kaki tidak saja berguna untuk menguatkan otot-otot tubuh, tetapi memperkuat tulang belulang juga

5.MENGURANGI RESIKO BERBAGAI JENIS KANKER
Berjalan kaki juga dipercaya dapat mencegah penyakit kanker, antara lain kanker payudara dan kanker usus. Dalam sebuah studi telah dijelaskan bahwa wanita yang telah membiasakan jalan kaki secara rutin selama 65menit sampai 135 menit per minggu bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara dan kolon hingga 18 persen dibandingkan wanita yang tidak aktif. Selain itu berjalan kaki juga dapat menurunkan resiko terkena serangan kanker usus besar. Sebab, kanker usus ini sangat mudah dipicu kemunculannya oleh tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan dan berjalan kaki menjadi alternatif terbaik untuk melancarkan sirkulasi pembuangan tinja.


Selanjutnya
Ini adalah postingan terbaru dari kamu :)
Posting Lama
Copyright © 2013 Lembaga Dakwah Kampus All Right Reserved